KISAH HIDUP HUANG GUANGYU : ORANG TERKAYA DI CINA ADALAH BEKAS PENJAJA KELILING

 

DALAM daftar tahunan yang dikeluarkan majalah Hurun Report kemarin Huang tercatat sebagai orang China dengan kekayaan terbesar. Aset yang dipunyai pria berumur 39 tahun ini mencapai USD6,3 miliar.

Huang menggeser Yang Huiyan, 27, pengembang bisnis properti yang menduduki peringkat pertama orang terkaya tahun lalu. Tahun ini, Yang terperosok ke peringkat ketiga dengan pendapatan USD4,9 miliar dari USD17,3 miliar tahun lalu. Peringkat kedua ditempati Du Shuanghua, taipan baja di China.

Du, 43, mempunyai kekayaan sebesar USD5,1 miliar.Du merupakan pimpinan Rizhao Steel Group yang berpusat di Shandong. Tahun lalu Du tidak masuk dalam daftar 10 orang berpenghasilan besar di China. Huang, yang bernama asli Wong Kwong Yu ini, merupakan pendiri perusahaan elektronik GOME pada 1987 lalu di Beijing.Sampai saat ini dia masih menjabat presiden perusahaan yang dia dirikan itu.

GOMEmerupakan perusahaan ritel yang menjual produk-produk elektronik, khususnya perkakas rumah tangga. Pada 1993 lalu, Huang memberi nama GOME sebagai merek dagang untuk produk yang dijualnya. Prestasi yang diraih Huang sebagai orang terkaya di China pada 2008 merupakan pencapaian luar biasa dan fenomenal. Pasalnya, kondisi perekonomian di China dalam setahun terakhir sedang mengalami penurunan.

Indeks saham di China mengalami penurunan sekitar 65% dari kenaikan pada Oktober tahun lalu.Penurunan ini berimbas buruk pada bisnis properti di negara itu, khususnya di beberapa kota penting. Huang menunjukkan diri sebagai pengusaha yang mampu bertahan di tengah terpaan badai krisis ekonomi di China.

Keberhasilan ini merupakan pencapaian ketiga kalinya bagi Huang.Sebelumnya Huang memuncaki daftar orang terkaya di China selama dua tahun berturutturut, yaitu 2004 dan 2005. Pada 2005 lalu, majalah Forbes mencatat Huang sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sekitar USD1,7 miliar.Pada tahun yang sama pula majalah TIME mendaulat Huang sebagai orang terkaya di China.

Sejak 1999 Huang mengembangkan GOME Group hingga ke luar Beijing.Huang mendirikan sejumlah outlet di beberapa kota di China untuk mendukung ambisinya. Huang juga menyimpan ambisi untuk menjadikan GOME sebagai salah satu dari 500 perusahaan terbesar di dunia pada 2008.

Ekspansi yang dilakukan Huang mulai menampakkan hasil.Pada 2004 lalu,GOME tercatat dalam Bursa Saham di Hong Kong. Sekarang ini HSE mencatat GOME Group sebagai perusahaan ritel elektronik terbesar di China. Keberhasilan Huang saat ini merupakan bentuk dari tempaan pengalaman sejak masih kecil.

Huang lahir di Shantou, Provinsi Guangdong, pada Mei 1969 di tengah keluarga yang kurang mampu. Pada masa kecil, Huang merupakan anak yang kurang beruntung dalam hal mengenyam dunia pendidikan sampai jenjang lebih tinggi. Huang terpaksa keluar dari SMA karena kendala ekonomi keluarga.

Sekeluar dari SMA Huang merintis karier sebagai penjual barang elektronik keliling ketika baru menginjak usia 16 tahun.Tidak lama kemudian Huang mulai menyewa bangunan di salah satu pinggiran jalan di Beijing untuk dijadikan toko kecil. Karena keterbatasan modal, Huang hanya menjual radio dan gadget yang diambilnya dari beberapa pabrik di dekat kota kelahirannya.

Huang memajang di toko mininya itu dan sebagian lagi dijual keliling. Huang merupakan sosok mandiri dalam berusaha. Awalnya, Huang hanyalah pengusaha golongan ekonomi lemah. Tanpa menggantungkan bantuan modal dari pemerintah,Huang mencoba mengembangkan bisnis ritel barang elektronik tersebut. Pada Januari 1987,Huang secara resmi mendirikan toko elektronik GOME.

Saat itu, Huang memilih strategi bisnis yang berbeda dengan kebanyakan pebisnis lain. Huang lebih memilih penguatan terhadap toko ritelnya, meskipun mendapatkan laba yang kecil. Huang yakin strateginya mampu menciptakan perubahan yang cepat. “Sebagai sebuah perusahaan individu yang ingin menarik konsumen, kita harus mempunyai barang sendiri,”ujar Huang menanggapi perubahan yang dimaksud.

Bumi itu berputar,perjalanan Nasib manusia juga selalu berputar,kadang diatas kadang dibawah,tinggal menunggu aja kelak masanya pasti akan datang,jadi jangan pernah putus asa,terus berjuang sekuat tenaga,tapi jangan lupa “Ora et labora”,semoga thread ini bisa menjadi motivator buat semuanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: