Serba-Serbi Pengumuman Hasil UAN SMA/sederajat tahun 2008

Lulus UN Dirayakan di Panggung Hiburan

PALANGKARAYA, SABTU – Panggung hiburan yang didirikan di Lapangan Sanaman Mantikei, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu (14/6), ramai didatangi para siswa-siswi SMA dan SMK untuk merayakan kelulusan mereka.

Acara ini dikemas untuk mengurangi konvoi dan corat-coret baju yang acap dilakukan para siswa yang merayakan kelulusan. Meski demikian, tampak beberapa siswa yang bajunya sudah coreng-moreng dengan cat semprot dan spidol besar.

Aksi corat-coret itu tidak hanya dilakukan sebelum memasuki kawasan lapangan Sanaman Mantikei, tapi juga di belakang gardu jaga dekat panggung hiburan itu. Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Tengah Hardy Rampay menuturkan, kelulusan ujian nasional tingkat SMA sederajat di Kalteng tahun ini baik. Kelulusan UN SMA sekitar 95 persen, adapun SMK sekitar 91 persen.

Semua Siswa IPS SMU Muhammadiyah Tanjungpinang tak Lulus

TANJUNGPINANG, SABTU – Seluruh siswa jurusan IPS SMU Muhammadiyah Kota Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepri tidak lulus ujian nasional, sedangkan jurusan IPA hanya lulus empat orang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, Syafruddin, Sabtu mengungkapkan, jumlah siswa jurusan IPS SMU Muhammadiyah hanya 14 siswa, sedangkan jurusan IPA 11 siswa.

“Tahun-tahun sebelumnya belum pernah terjadi hal semacam ini, baru tahun ini terjadi hal seperti itu,” ungkap Syafruddin kepada pers.

Sama seperti sekolah lainnya, para siswa peserta ujian nasional  pada pukul 16.000 wib menerima amplop yang berisi surat keterangan dari sekolah yang menyatakan apakah siswa yang bersangkutan lulus atau sebaliknya.

“Bagi pelajar yang tidak lulus jangan berkecil hati karena bisa mengikuti ujian nasional kesetaraan paket C pada 24 Juni mendatang,” katanya.

Peserta ujian nasional yang tidak lulus kebanyakan terdapat di MAN Tanjungpinang dan SMUN-4, masing-masing berjumlah 56 siswa dan 48 siswa.

Ia mengatakan, secara umum persentase kelulusan siswa SMA di Tanjungpinang sebanyak 85,25 persen atau berjumlah 1.127 siswa dari 1.322 siswa.

Sedangkan siswa SMA yang tidak lulus 14,75 perse atau berjumlah 195 orang. Sementara siswa SMK di Tanjungpinang yang lulus berjumlah 1.034 siswa dari 1.099 siswa, sedangkan yang tidak lulus berjumlah 65 orang.

“Tingkat kelulusan jurusan IPA mengalami kenaikan dibanding tahun lalu, sebaliknya jurusan IPS mengalami penurusan,” ujarnya.

22.242 siswa SMA Tidak Lulus UN 2008

SEMARANG, JUMAT – Sebanyak 22.242 siswa menengah tingkat atas di Provinsi Jawa Tengah tidak lulus ujian nasional atau UN 2008. Jumlah tersebut setara dengan 8,07 persen dari keseluruhan peserta UN SMA/MA/SMK di Jateng sebanyak 275.618 siswa. Persentase kelulusan UN untuk siswa SMA sederajat Jateng tahun ini lebih rendah dibandingkan UN tahun 2007.

Angka kelulusan UN SMA sederajat tahun 2008 sebesar 91,93 persen. Tahun 2007, persentase kelulusan mencapai 92,29 persen. Kasubdin Perencanaan dan Pengembangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Satoto Rahardjo di Kota Semarang, Jumat (13/6), mengatakan, kendati angka kelulusan menurun, kualitas kelulusan tahun ini dinilai lebih baik.

Harus diingat bahwa standar kelulusan tahun ini dinaikkan satu poin dari 4,25 pada tahun lalu menjadi 5,25. “Selain itu, tahun 2007 kemarin, mata pelajaran yang diujikan hanya empat, sedangkan tahun ini ada enam mata pelajaran yang diujikan. Beban siswa jauh lebih berat,” ungkap Satoto.

Jika dirinci berdasarkan jurusan, berdasarkan data Dinas Pendidikan Jateng, tingkat kelulusan siswa SMA jurusan bahasa adalah yang paling tinggi. Dari 3.123 siswa jurusan bahasa, 96,19 persen di antaranya berhasil lulus, sedangkan yang tidak lulus hanya 3,81 persen. Untuk jurusan IPA, dari sebanyak 53.303 siswa, 50.440 siswa berhasil lulus. Jumlah siswa yang tidak lulus untuk jurusan IPA sebanyak 2.863 siswa. Tingkat kelulusan jurusan IPS merupakan yang terendah. Dari 71.279 siswa yang mengikuti UN, 91 persen di antaranya atau sebanyak 64.863 siswa dinyatakan lulus.

Untuk Madrasah Aliyah (MA), dari 9.171 siswa jurusan IPA, sebanyak 93,18 persen atau 8.545 siswa dinyatakan lulus. Jurusan IPS, dari 22.836 siswa yang mengikuti UN, 87,27 persen atau sekitar 19.928 siswa berhasil lulus. Dari 1.287 siswa MA jurusan bahasa , persentase kelulusan mencapai 95,73 persen atau sekitar 1.232 siswa. Dari 126.148 siswa SMK yang mengikuti UN, sebanyak 8,78 persen di antaranya atau 11.075 siswa dinyatakan tidak lulus.

Satoto menjelaskan, walaupun standar nilai kelulusan UN tahun 2008 dinaikkan, nilai rata-rata siswa SMA sederajat di Jateng cukup memuaskan. “Tidak ada nilai mati pada semua rata-rata nilai pelajaran,” jelasnya.

Untuk siswa SMA jurusan IPA, nilai rata-rata pelajaran Bahasa Indonesia (7,94), Bahasa Inggris (7,20), Matematika (7,13), Fisika (7,15), Kimia (7,05), dan Biologi (7,16). Nilai rata-rata siswa jurusan IPS; Bahasa Indonesia (7,33), Bahasa Inggris (6,64), Matematika (6,56), Ekonomi (7,71), Sosiologi (7,35), dan Geografi (6,14).

Menurut Satoto, dari hasil nilai UN tersebut ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai sempurna (10), antara lain untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Sosiologi. Ia menambahkan, pengumuman hasil UN tingkat SMA/MA/SMK di Jawa Tengah akan dilaksanakan Sabtu (14/6) ini. Mengenai cara penyampaian pengumuman kelulusan bisa disampaikan dengan ditempel di sekolah masing-masing atau dikirim lewat jasa kantor pos.

“Bagi mereka yang tidak lulus dapat mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) Paket C yang akan diselenggarakan pada 28 Juni hingga 3 Juli 2008,” katanya.

Untuk menghindari konvoi yang biasa dilakukan siswa SMA seusai pengumuman kelulusan, Dinas Pendidikan Kota Semarang telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian. “Saya menghimbau supaya para siswa tidak berlebihan dalam merayakan kelulusan. Jika melanggar hukum, kepolisian tentu akan menindak,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Sri Santoso. (A05)

sumber: kompas.com

One Response to “Serba-Serbi Pengumuman Hasil UAN SMA/sederajat tahun 2008”

  1. TUk pemerintah jangan mainkan rakyat !!!!!!

    Pemimpin yang amanah UN hanya akan mengelapkan mat aseseorang tuk menghalalkan cara tuk LULUS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: